Sabtu, 15 Februari 2014

Kelud & Pasir Besi Jangan Paksa Petani Urutsewu Jadi Maling (Lagi)!

Nah, bingung kan mengaitkan dampak abu vulkanik Kelud dengan pasir besi dan pengaruh sosiologisnya bagi petani di urutsewu pantai selatan Kebumen yang kini sedang terancam matapecahariannya oleh rencana besar investor tambang pasir besi? Makanya jangan terlalu berpikir akademis! Dengar saja penuturan mantan kadus Lembupurwo Mirit, Suhadi, dan penggarap lahan berpasir besi Karjito.
Para petani di sana sudah berpenghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aneka tanaman palawija, seperti semangka, pepaya, jagung, cabe, terong, kacang tanah, kacang panjang, dan jenis sayuran lain bisa tumbuh subur. "Lahan setengah hektar dengan modal Rp 1 juta dalam satu musim tanam bisa menghasilkan Rp 5 juta," papar Karjito. Masalahnya, lahan yang mereka garap seperti itu bukan tanah hak milik, dan telah dipatok dengan stempel TNI AD. Rencana tambang pasir besi oleh investor dari Jakarta dikabarkan akan membongkar lahan subur itu menjadi kubangan yang tak bisa ditanami lagi dalam jangka 10 tahun. Para petani penggarap yang tidak memiliki tanah di wilayah utara tentu bakal kehilangan pencaharian.
Jika di era tahun 1980-an wilayah urutsewu, seperti Mirit dan Ambal dikenal banyak maling, menurut Karjito karena memang tanah berpasir di sana belum bisa ditanami seperti sekarang. Sebagian warga tak punya pencaharian. Maka tak ada cara selain jadi maling sekadar untuk makan. Jika saja tambang pasir besi nantinya benar-benar membongkar lahan pertanian itu, sama saja memaksa petani untuk jadi maling lagi karena lahan pertanian sebagai sumber pencaharian mereka hilang.
Apalagi jika kondisi hasil pertanian buruk, bahkan gagal panen terkena hama atau terkena abu vulkanik Gunung Kelud, dampak sosial bagi ekonomi petani di urutsewu akan lebih parah. 
Maka tak ada daya apa pun untuk terhindar dari dampak bencana selain berdoa. Semoga Allah memberikan pertolongan, mengucurkan hujan berkah membersihkan abu vulkanik Kelud dari tanaman pertanian. Lebih dari itu, semoga Allah memberikan hidayah-Nya kepada investor tambang pasir besi untuk membatalkan niatnya merusak lingkungan urutsewu agar warga petani di sana tetap sehat selamat dan aman dari musibah apa pun. Amin ya rabbal 'alamin! (Kholid Anwar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar