Senin, 27 Januari 2014

Wangsit Akan Ada Gempa Kebumen Lebih Dahsyat?

Memahami peristiwa gempa Kebumen dari pandangan rasional dan "ilmiah" mungkin bisa dengan cara menyimak publikasi berbagai analisis para pakar kegempaan. Di situs www.kompas.com misalnya, peristiwa gempa susulan skala 5,3 SR pada Senin pukul 23.14 menunjukkan bahwa gempa pertama pada Sabtu pukul 12.14 sebagai "gempa yang memicu" pergeseran lempeng tektonik menuju keseimbangannya. Hal tersirat dari informasi yang rasional itu adalah masih ada kemungkinan terjadi gempa yang lebih besar. Karena lokasi gempa pada kedalaman 33 km dan jaraknya juga mendekati daratan dari gempa sebelumnya 104 km menjadi 68 km. Maka hitungan rasionya jika ada gempa lagi dampaknya akan sangat dahsyat.
Di sisi lain, dari sudut pandang irasional tentang gempa itu datang dari sebuah SMS seorang yang terbiasa menjalin koneksi dengan sumber informasi irasional. Orang Jawa biasa menyebut wangsit, sebuah pesan dari para leluhur agar anak cucu yang masih hidup mau "eling lan waspada". Sebutlah ia dengan panggilan Ki Joko; "Kita diminta memperbanyak sejud dan bertafakur, ingat para leluhur, dan mau menyantuni alam," pesan Ki Joko.
Pesan irasional itu terasa gathuk dengan informasi lain dari sumber berbeda. Dari leluhur yang makamnya di wilayah Kecamatan Ambal menyampaikan isarat agar jangan berhenti berdoa; "Ya Allah, kami mohon agar keluarga, warga dan daerah kami aman. Amin amin amin ya rabbal 'alamin".  Ini perlu permenungan untuk menangkap maknanya. Sebab wangsit itu datang pasca-gempa pertama, saat sudah diketahui dampak gempa di daerah Kebumen tak separah daerah tetangga. 
Pesan para pakar kegempaan yang melihat peristiwa alam dari sudut rasional, warga di daerah Kebumen dan sekitarnya agar tetap waspada tapi tidak perlu panik dan ketakutan. Namun bagaimana warga tidak takut jika analisis ilmiah para pakar itu memang menakutkan? Menjawab ketakutan dengan banyak membaca doa tadi mungkin dianggap irasional. Tapi kalau hal irasional itu memang fungsional untuk mencipta ketenangan batin, tentu sangat baik untuk dilakukan dengan sepenuh kesadaran yang rasional. Semoga Allah mengabulkan doa kita; daerah Kebumen tetap aman. Amin! (Kholid Anwar)
 

Lagi, Gempa 5,3 SR Guncang Kebumen dan Sekitarnya

Senin, 27 Januari 2014 | 23:44 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.com — Gempa kembali mengguncang Kebumen, Jawa Tengah, dan sekitarnya pada Senin (27/1/2014) sekitar pukul 23.14 WIB.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 5,3 skala Richter (SR).
Pusat gempa di Samudra Hindia, sekitar 68 kilometer arah barat daya Kebumen, dengan kedalaman 33 kilometer.
Getaran gempa dilaporkan terasa hingga Kota Yogyakarta dan Bandung. Sejumlah pengguna akun Twitter melaporkan getaran tersebut.
Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,5 SR berpusat di Samudra Hindia terjadi pada Sabtu (25/1/2014) pukul 12.14 WIB. Akibat gempa tersebut, puluhan bangunan ambruk di wilayah Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Magelang, dan sekitarnya. Gempa itu kemudian diikuti gempa susulan hingga enam kali.
Gempa dengan kekuatan lebih kecil, yakni dengan skala 4,7 SR berpusat di dekat pusat gempa pertama, menyusul pada Sabtu tengah malam pukul 23.58 WIB. Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dari rangkaian gempa tersebut.(Tri Wahono)

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus