Sabtu, 11 Januari 2014

Jualan Surga, Belum Laku Juga!

Ikhtiar menanggulangi kemiskinan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kelurahan Bumirejo Kebumen hingga kini tampak masih sulit mengukurnya, apakah telah berhasil mengurangi angka kemiskinan atau tetap saja masih banyak orang miskin yang layak terus "diproyekkan". Pada tahun 2012 lalu BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), lembaga yang memperoleh mandat berswadaya mengelola dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) sebesar Rp 1 miliar lewat program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) antara lain memberikan peluang kepada KSM (kelompok swadaya masyarakat) Kumbung Mulyo untuk mengembangkan budidaya jamur tiram.
      Handas Prabuda dipercaya mengelola kelompok "bertani" jamur tiram. Dibuatlah skema meyakinkan; jika warga miskin di Bumirejo difasilitasi membudidayakan jamur tiram, tiap KK dari sekitar 700 KK miskin mampu menghasilkan 1 ton per bulan, dan masing-masing mendapat penghasilan tambahan sekitar Rp 300 ribu per bulan. Obsesi itu yang kemudian memberikan ilham untuk menarasikan mimpi-mimpi indah tadi dalam buku "Jualan Surga", sebuah dokumen perenanaan penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Bumirejo.
     Namanya juga mimpi, untuk mewujudkan dalam kenyataan tentu tak semudah membalik bantal. "Masalah yang kami hadapi, saat kami sudah siap dengan baglog untuk ditanami, bibit yang kami pesan dari Jogja terlambat datang," ujar Handas. Maka sekali dua kali produksi baglog media tumbuh jamur tiram membusuk. Modal dari dana BLM susut dan warga KSM belum bisa ikut budidaya jamur tiram.
     "Mau tidak mau saya harus berusaha bisa membuat bibit sendiri. Alhamdulillah, mulai November 2013 saya sudah bisa menemukan formula untuk bisa membuat bibit F nol. Ini jamur yang tumbuh ini hasil pembuatan bibit sendiri," Handas mulai optimis jika pada Februari 2014 pembuatan baglog untuk mencukupi kebutuhan kelompok sudah bisa tercukupi.
      Ia berharap, mimpinya untuk memprodusi jamur tiram bisa berkembang dan mampu mencukupi kebutuhan pasar di Kebumen yang selama ini masih banyak dipasok dari Magelang. Jadi saat ini untuk "Jualan Surga" belum bisa laku juga karena yang akan dijual belum jadi. Nanti kalau produksi baglog sudah lancar dengan membuat bibit sendiri, ia optimis ketekunannya membantu kelompok warga miskin berbuah manis. Bukan janji surga, tapi ia sekadar menawarkan surga kebersamaan dan gotong royong masyarakat sebagai keindahan hidup penuh harmoni dalam suatu kemunitas.  
(Kholid Anwar)

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus