Sabtu, 25 Januari 2014

Inikah Doa Peredam Gempa Kebumen?

Si ragil bingung mau menulis apa begitu ingin mejawab petanyaan bertubi-tubi dari grup BBM keluarga yang ada di Jakarta. Namanya GEMPA KEBUMEN, yang mereka bayangkan seperti saat GEMPA JOGJA dengan ribuan korban rumah roboh dan jiwa melayang. Jawab saja dengan doa yang dikirim dari SMS Bu Dhe;"Ya Allah, kami mohon agar keluarga, warga, dan daerah kami aman. Amin ya rabbal 'alamin".
Rasanya doa itu yang oleh seorang atau beberapa orang telah dipanjatkan dengan ketulusan hati mendalam, pada malam Jumat sebelum terjadi gempa. Fakta yang ada, kerusakan yang terjadi di Kebumen tercatat lebih sedikit dibanding daerah tetangga, mulai Cilacap, Banyumas, Magelang, dan Jogja. 
http://regional.kompas.com/read/2014/01/26/0151418/Di.Kebumen.3.Rumah.Rusak.Berat.akibat.Gempa.
Itu membuat satu keyakinan yang menguat pada kekuatan doa, dan ashadaqatu li daf'il bala'. Sedekah yang tulus, seperti tangan kanan memberi tangan kiri tidak tahu, adalah kekuatan dahsyat untuk menangkal bencana. Seorang teman mengaku, pada malam Jumat sebelumnya mengantar seorang "kesepuhan" ke Pantai Petanahan. Di sana beliau meletakkan sesuatu benda yang tak tahu itu apa. Selang beberapa menit datang gelombang besar dan menghanyutkan benda tersebut. Sebuah amal yang tak diketahui siapa pun, selain yang bersangkutan.
"Itu maksudnya mungkin ya meminta kepada Allah atas keselamatan warga dan daerah Kebumen," kata teman itu. Saya menanyakan lebih jauh kepada teman itu. Apakah prosesi berdoa dengan cara melemparkan benda-benda ke laut itu merujuk pada peristiwa Nabi Musa memukulkan tongkat ke laut dan air membelah menjadi daratan? "Ya mungkin begitu," ujar teman tadi.  

Maka membaca berita bagaimana sebuah masjid ambruk ini, makin dalam permenungan makna doa dan shadaqah yang bisa menangkal bencana. Atau memang sebenarnya ada prosesi doa yang mampu menjadi peredam gempa. Wallaahu a'lam bish shawab....! (Kholid Anwar)


Masjid pun Roboh
SindoNews.com- Masjid AT Taqwa di Desa Kranggan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas roboh setelah diguncang gempa berkekuatan 6,5 SR. Beruntung tidak ada korban jiwa dari robohnya masjid itu. Namun, masjid besar tersebut menimpa sebuah rumah milik warga hingga rata tanah. Palupi, warga setempat mengaku bersama keluarganya langsung keluar rumah setelah merasakan guncangan gempa cukup kuat.
Beruntung Palupi dan keluarga telah berada di luar, tiba-tiba masjid yang berada di sebelah rumahnya perlahan roboh."Di dalam masjid kebetulan tidak ada orang," tutur Palupi bersyukur, Sabtu (25/1/2014).
Seperti diketahui, gempa berpusat 104 kilometer barat daya Kebumen - Jawa Tengah, dengan kedalaman 48 kilometer itu dirasakan cukup kuat. Tidak hanya di daerah di Jawa Tengah, gempa itu juga dirasakan warga di Jawa Barat, seperti Bandung, Garut dan Cimahi.
United States Geological Survey (USGS) menyebutkan, guncangan gempa Kebumen tersebut berintensitas VI MMI atau kuat dan strong yang dapat merusak bangunan. Sehingga bisa dipastikan, akan banyak bangunan rusak maupun roboh. BNPB masih melakukan koordinasi dengan BPBD di daerah, sementara ini dilaporkan baru satu roboh dan beberapa rumah rusak terjadi di Desa Krandengan, Kecamatan Bacan Purworejo.

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus